Wednesday, March 21, 2007
Dumelan Customer
Kemarin pulang kantor g mampir ke alfamart gak belanja banyak cuman beli 2 item barang yaitu gula pasir 1/2 kg & hair conditioner sunsilk yang total keseluruhannya hanya 9.925. Trus g kasih uang 10.000 & seharusnya kembali 75,-...pas g serahin uangnya dia lgs kasih struk & barangnya, kembali 75,- nya ??? gak dikembaliin tanpa ada babibu dari mba kasirnya. G bukan masalah uang 75,- itu tapi seharusnya kalo dia kasih banroll harganya itu 3.925 yg pecahannya ganjil gitu ..... resikonya dia sdh siap dengan kembaliannya yg 50,- & 25,- donk ...coba bayangin aja itukan namanya pembodohan customer, kalo secara kasarnya menurut g itu korupsi blakblakan...bayangin kalo dari 1 cust 75,- trus kalo sehari ada sekian cust yg dipotong semua uang kembalinya bisa untung berapa ??? tp yg g gak tau uang keuntungan ilegal itu jatuhnya ke karyawan alfamart cabang itu atau utk toko ???

Beda banget dengan waktu g belanja di Carrefour Cemp.mas ... dimana belanjaan g sebesar 215.230 trus g kasih 220.000 & g dapat kembalian 4.800 nah enak khan kembaliannya...itu karena dia pake sistem rounding, pernah merhatiin ? Jadi belanjaanku itu dirounding mjd 215.200 jd customer tdk dirugikan. Nah..kenapa gak semua waralaba menerapkan sistem itu yach ?? jadi customer juga gak ngedumel ..mgk mikirnya cuman segitu aja kok diributin...tp mnrt g gimana customer yg berlaku seperti mereka ...kalo musti bayar 100,- kita bisa ganti dgn kasih permen aja atau kalo ada pecahan 75,- yach gak kita bayar

Nah..mestinya setiap waralaba itu diberlakukan sistem rounding agar tidak merugikan customer & seharusnya mereka menyediakan uang kembalian sampe yg terkecil krn itu kan resiko mrk krn menggunakan banroll harga yg pecahannya ganjil2 gitu. Coba kalo kemarin itu aku bayarnya kurang 75,- ...apa mrk mau terima ? tapi ini gak ada babibu lgs memotong uang kembalian g.

Oiya satu lagi nich...barusan g sm tmn kantor ke HERO Mampang beli baju bayi utk kado...kita berdua jelas2 liat harganya 27.300 tp setelah sampe kantor & ngecek belanjaan....baju bayi itu tyt harganya 92.000..... gilaaa jauh banget khan. Kalo g belanjaan sendirian mgk g bisa aja salah liat papan harga yg warnanya kuning ditempel diatas barang yg dijual...tp ini kita berdua yg liat jd gak mgk salah lagi donk!!! Apa ini juga salahsatu taktik mrk..dgn menempelkan harga yg berbeda agar kita gak tau harga sebenernya & ditembak dikasir dengan selisih harga barang yg begitu besar. Dan salahnya g sm temen g itu....pas bayar dikasir g gak merhatiin dengan jelas harga per - item krn buru2.








IIhhhh...bener2 dech waralaba2 skg ini cari untungnya licik banget ;(^%*(*&^%$$$#@
 
posted by Yuni at 11:31 AM | Permalink |


4 Comments:


  • At 9:09 PM, Anonymous Anonymous

    Dear

    Tidak semua kembalian konsumen di ambil oleh karyawan alfamart.


    kebetulan saya adalah karyawan alfamart dan sering nombok unruk kembalian 25 ataupun 50.- ke konsumen.

    mungkin ada sebagian dari mereka yang mengambil kembalian dari konsumen di karenakan kondisi mereka yang kekurangan secara materi

    sekedar tau setiap bulan mereka harus membayar barang hilang yang ada di toko tsb,seperti kena sindikat dan pengutil dll,

    kalau ada kejadian seperti di atas laporkan saja ke cs Alfamart di:0800-1234-234
    sms :0817111234

    pasti di follow up

    wassalam

    ikhsan
    cepat.sukses@yahoo.co.id

     
  • At 7:57 AM, Blogger Yuni

    Hi Ikhsan..lam kenal yach & thanks udah mampir ke blogku.

    Kalau menurutku sich...seandainya kary Alfamart dalam kondisi yg kekurangan secara materi itu kan perjanjian pegawai dengan perush kalau tidak puas dgn salary yg diberikan perush, bisa cari jalan lain yg tidak merugikan customer khan ?...apa itu jadi alasan melegalkan pegawai utk mengambil keuntungan dengan mengambil kembalian customer ???

    Seandainya mereka sering nombok karena barang2 yg hilang akibat sindikat atau penguntit...apa customer yg sama sekali tidak bersangkutan dengan hal itu harus ikut menanggung kerugian yg dialami oleh Alfamart ???
    Sangat tidak profesional sekali.

    Kembalian 25,- & 50,- itu bukannya memang harus disediakan sbg resiko dengan adanya harga yg pecahan2 ganjil ?
    Apa tidak ada kebijaksanaan perush yg dapat mengatasi hal ini agar tidak merugikan kary & customer ?

    Aduh ...aku sich mikirnya belum perlu lah kalo melaporkan hal ini ke CS Alfamart...seandainya melaporkannya apa konsekuensi bg pelapor ? makanya aq keluarin unek2nya di blogku aja.

    Btw....tengkyu yach Ikhsan mau nanggapin postinganku.

     
  • At 11:08 AM, Blogger Mutiara

    Hayooooo, harus jujur dong...kalau ada kelebihan kembalian harus dibalikin bukan?

     
  • At 11:37 AM, Blogger Yuni

    Betul sekali mba Muti....HIDUP JUJUR !!!